Jasa mebel set / furniture set Indonesia

Jasa borong mebel / furniture dan jasa pembuatan kitchen set / dapur set, kamar set, Interior dan dekorasi untuk Kantor, Dinas, Instansi, Toko, Rumah, Hotel, Restaurant dll

Kayu Jati Demi Mebel Berkualitas

Posted by Nurul Hidayat on December 22, 2011

ANEKA FURNITURE INDONESIA
Mitra Furniture Set dan Interior

Jati yang bahasa binomial disebut ‘Tectona grandis’ merupakan  pohon dengan batang kayu bermutu tinggi. Yang digunakan sebagai bahan baku utama industri mebel, baik pembuatan mebel untuk dalam ruangan (Indoor furniture / Interior) ataupun luar ruangan (Outdoor furniture / Garden furniture) sudah pasti lambat laun tanaman yang dapat tumbuh mencapai ketinggian 30-40 meter ini akan habis akan habis dikarenakan intensitas produksi mebel dan produksi bahan baku berupa kayu jati ini lebih besar / lebih banyak produksi mebel disamping itu keadaan yang tidak mungkin jika jati akan tumbuh besar dalam hitungan bulan. oleh karena itu, solusi terakhir adalah mencari bahan baku lain seperti triplek /plywood atau bahan lainnya sambil menunggu tanaman tersebut siap untuk dipanen “siap untuk dijadikan bahan baku mebel yang berkualitas”.

Kabupaten Jepara, yang sangat terkenal akan produk mebel ukir nya dan juga barang barang mebel lain yang terkenal dengan bentuk model dan kerapiaan produksi yang memiliki karakter dan nilai jual tinggi hingga kelas export akan tetapi produksi mebel di jepara  mengandalkan bahan baku utama yakni ‘kayu jati’. Meskipun terdapat jenis kayu lainnya seperti mahoni, sonokeling, juga kayu meh. Perajin ukiran jepara lebih memilih bahan kayu jati untuk produk mebel ukirannya karena memiliki sifat kayu yang keras dan tidak mudah pecah saat proses pengukirannya dan juga kualitas dan harga jual yang patut diperhitungkan, karena dalam proses pengerjaan membutuhkan waktu dan tenaga yang sama.

karena kebutuhan akan kayu jati dari tahun ke tahun terus meningkat, pemkab. Jepara terus berupaya mengkampanyekan budaya penanaman pohon jati di ladang hutan gundul atau di lahan lahan kosong yang dimiliki warga. Agar di masa-masa mendatang kebutuhan bahan baku jati terutama untuk industri mebel di Jepara dapat terpenuhi dengan tersedianya bahan baku yang berkualitas.

Setiap tahunnya, tak kurang dari 1.000 bibit pohon jati ditanam pada ladang hutan gundul di daerah pelosok Jepara dan ini merupakan asset dan modal berharga untuk kelangsungan mebel Jepara dan mebel Indonesia di masa yang akan datang.

Sumber : Ig Jepara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: